GorEsAn WaRnA - WarNI

Warna-warni itu punya berjuta hikmah dan makna

Jumat, Februari 22, 2008

Tuangkan Ide & Gagasan A.S.A.P

Ada yang bilang, pada saat yang bersamaan ada beberapa orang di dunia memikirkan hal yang sama. Bisa sama persis bisa juga tidak (baca : mirip). Maka tak heran ada banyak sekali cerpen, artikel, novel, lagu, film, gambar, atau karya-karya lainnya yang begitu mirip satu sama lain.

Saya seringkali mengalami hal ini. Suatu ketika terlintas ide dalam benak saya, saat itu juga saya bertekad akan menuangkannya dalam tulisan (ini karena saya merasa lebih mampu untuk menulis, bukan menggambar atau membuat lagu). Sayangnya tekad ini disimpan terlalu lama dalam hati, lama-lama saya lupa dan tiba-tiba saja ide saya ini sudah muncul dalam artikel orang lain, mirip sekali dengan apa yang pernah saya pikirkan sebelumnya. Rasanya ingin berteriak "hey..ini kan ide saya, kenapa kamu curi?...". Padahal saya tak pernah memberitahukan ide ini pada orang lain sedikit pun, dan orang itu juga tak salah karena punya ide yang sama dengan saya.

Pernah mengalaminya? tentu pernah...

Ini saran untuk saya sendiri (klo kamu mau ikutin saran saya juga ga apa2). Jika suatu saat tiba-tiba terlintas ide & gagasan dalam benak kita, tuangkan segera A.S.A.P (as soon as possible). Bisa ditulis dalam notes kecil (biasakan kemana-mana bawa notes), atau ketik di HP, atau rekam lewat suara di HP atau apapun yang bisa dilakukan supaya ide/gagasan itu tidak hilang dalam sekejap dan terlupakan begitu saja. Baru jika sudah ada waktu luang, kembangkan ide ini dalam karya-karya yang sesuai dengan kemampuan, mau dibuat tulisan/artikel, lagu, film, cerpen, novel, gambar, dsb...dsb...

Jangan sampai keduluan lagi sama orang lain, kalopun ada orang lain yang ternyata punya ide yang sama, don't worry...anggaplah ide ini sebagai bangun ruang yang bisa dilihat dari segala sisi dan dipandang dari segala sudut. Maka kembangkan ide kita dari sisi dan sudut lain, yang tidak biasa dilihat dan dipandang kebanyakan orang...

0 yang kasih komentar:

Posting Komentar

<< Home

 
body