GorEsAn WaRnA - WarNI

Warna-warni itu punya berjuta hikmah dan makna

Selasa, Februari 12, 2008

Jadikan ikhlas seperti dia...

Sepenggal Kisah Dari Tanah Rantau
Sampai juga akhirnya aku di ranah minang ini, tepatnya di Sawahlunto-Sumatera Barat. Jika ingin gambaran tentang Sawahlunto, silahkan bayangkan sebuah kota yang pusat kotanya bahkan tak lebih dari sebuah pasar tradisional kecil dengan hari pasar setiap Rabu dan Sabtu, jadi jangan pernah berharap dapat menemukan barang-barang belanjaan yang lengkap(lengkap dalam versi kami di luar jawa – terlengkap dari yang memungkinkan ada di sini) di selain kedua hari itu. Jangan pernah berharap menemukan swalayan meski hanya setaraf indomart atau alfamart yang sudah sedemikian banyak menjamur di pulau jawa, apalagi mol, itu Cuma ada di Padang dan hanya ada dua, itupun tak selengkap Ada swalayan yang ada di Banyumanik. Yang ada di pusat kota ini hanya sekomplek pasar tradisional (seperti gambaran sebelumnya) dengan deretan toko kecil di sekitarnya, pusat budaya yang jadi tempat ngumpul anak mudanya setiap sore dan hari libur, sebuah kantor pos yang tak lebih besar dari kantor pos di kecamatan tempat tinggal asliku, RSUD yang lebih besar sedikit dari puskesmas di desaku, serta beberapa rumah penduduk yang tersebar diantaranya.
............................................................
Mungkin jika aku hanya melihat betapa terpencilnya aku sekarang, aku akan menangis terus dan minta untuk segera di pulangkan saja ke Jawa, ke kota kecilku tercinta. Tapi ternyata tidak. Aku belum bisa bilang bahwa aku sudah betah disini,
...........................................................
Saat aku berangkat ke kota kecil ini, aku hanya berdoa satu hal pada Allah, jika ini memang yang terbaik untukku dan aku dapat bermanfaat secara maksimal bagi ummat, maka mantapkan hatiku dimanapun aku berada.
.........................................................
(penggalan email yang diposting seorang teman nun jauh disana, izin memposting sebagian di blog ini ya....)
Membaca email ini saya pun ikut berdoa, ya Allah anugerahkan pada saya keikhlasan seperti dia, agar suatu saat diri ini pun bisa berbagi sepenuhnya untuk ummat....

2 yang kasih komentar:

  • At 11:39 AM, Anonymous Anonim said…

    Sawahlunto sekarang sedang beranjak untuk maju.
    Kota Sawahlunto sejak dulu terkenal sebagai penghasil batu bara, tapi sekarang batu baranya sudah habis. Pemerintah sekarang fokus pada pengembangan wisata. Begitu juga dengan kabupaten Sawahlunto - Sijunjung.

     
  • At 3:19 PM, Blogger diah_irma said…

    Pengembangan wisata? kalo begitu kenapa ada pegawai pusdiklat Dept ESDM ditempatkan disana? harusnya kan dari Dept Pariwisata

     

Posting Komentar

<< Home

 
body